Minggu, 21 Mei 2017

[Bukan Fiksi] Mengenal Fitur 'Pratinjau' Dan 'Atur Jadwal Tayang' Di Blogspot





Beberapa kali saya mengunggah screenshot penampakan tayangan fiksi saya (yang belum waktunya tayang di blog) di fb sebagai teaser alias iming-iming doang. Ada pembaca yang bingung. Lho, kok bisa? Iya, bisa. Itu karena ada fitur "PRATINJAU" di blogspot. Saya tidak tahu apakah di platform blog yang lain ada, tapi yang jelas di blogspot ada. Fitur itu yang saya pakai untuk melihat penampakan tayangan yang belum akan tertayang tapi sudah terjadwal.

Saya tinggal di daerah ndesit yang sinyal internetnya antara iya dan tidak. Makin parah setelah gencar promosi jalur 4G. Entah kenapa. Sehingga beberapa kali ada kejadian terlambat tayang karena hal ini. Jangankan mengunggah file, masuk ke akun google saja gagal melulu. Akhirnya saya akalin dengan ngebut menyelesaikan sekian episode untuk sekalian saya unggah saat sinyal internet lagi ramah sama saya. Resikonya, ada beberapa typo yang belum sempat tertangani tapi sudah 'mengundang protes' pembaca karena telanjur tayang. Mending kalau protesnya baik-baik kayak Bun Enggar dan Jeng Uphie, via japri. Makanya, akhirnya saya putuskan untuk kembali saja ke jadwal asal, Senin dan Kamis. Mau protes lagi? Mbok yao coba bikin blog sendiri yang isinya sesuai keinginan hati, sama sekali tanpa typo, dan tayangnya konsisten berjadwal tetap. 😝

Cara ini (mengunggah beberapa episode sekaligus) memungkinkan karena adanya fitur 'ATUR JADWAL TAYANG' alias bisa mengatur tanggal publikasi di blogspot. Jadi saya tinggal mengunggah file, mengatur tanggal tayang sesuai keinginan, selanjutnya saya tinggal bobok manis nungging kayang nyungsep juga bakalan terpublikasi sendiri tayangan itu sesuai waktu yang sudah dijadwalkan. Alias bakalan nongol-nongol sendiri. Fitur ini ada di laman entri baru, di sebelah kanan kolom draft tulisan yang akan diunggah. Gambarnya ada di bawah ini :




Nah, hal yang berhubungan dengan fitur atur jadwal tayang ini adalah fitur 'PRATINJAU'. Letaknya di sebelah kanan kolom 'Edit', di bawah judul tulisan di dashboard blog. Gambarnya ada di bawah ini. Terlihat ada beda fitur di bawah judul yang sudah terpublikasi Kamis kemarin (#8) dengan yang baru akan tayang Senin besok (#9).




Yang bisa utak-atik fitur-fitur ini ya cuma pemilik blog sendiri. Dengan fitur 'PRATINJAU' ini, saya bisa melihat penampakan tayangan di halaman blog dalam kondisi final. 'Seolah-olah' sudah terpublikasi, lengkap dengan tanggal tayangnya. Penampakan inilah yang biasanya saya screenshot, rapikan, dan unggah ke akun fb saya maupun halaman FiksiLizz di fb. Jadi, sekali lagi, cuma pemilik blog yang bisa melihatnya. Pembaca akan melihat hal yang sama NANTI saat tulisan sudah sampai waktunya untuk terpublikasi.

Saya merasa sangat terbantu dengan adanya fitur-fitur ini. Jadi ketika sedang ada kondisi nggak bersahabat, operasional blog tetap berjalan terus. Pembaca senang, saya juga lega. Kalau saya lega, saya lebih mudah berkarya. Untuk siapa karya saya? Ya untuk para pembaca juga.

Nah, sudah nggak bingung lagi, kan? 😘😘😘

Selamat malam... 🌇

1 komentar:

  1. Sebelumnya saya pikir Bu Lis beneran stand by jam 4 pagi buat nge-post. Ternyata...


    Makanya saya makin yakin banget atas kekonsistenan pemilik blog ini.

    BalasHapus