Jumat, 04 September 2015

[Cerbung] CUBICLE #5





Kisah sebelumnya : CUBICLE #4


* * *


Lima


Kuakui atau tidak, aku jadi agak menarik diri untuk maksi bersama geng sarap dan Mita, si aspri Driya. Cewek itu jadi sering bergabung, dengan atau tanpa Driya. Tapi tidak pernah ada keakraban dengan para cewek geng sarap. Benar-benar bertolak belakang dengan sikap boss-nya terhadap geng sarap.
           
Tak jarang aku beralasan sibuk ketika Driya mengajakku maksi. Kadang-kadang aku sengaja keluar kantor. Ngeluyur, cari ide. Kadang-kadang memang aku harus bertemu klien.
           
Bukannya tidak ada yang menyadari perubahan perilakuku. Yang pertama Nina, tapi dia paham betul alasanku. Dia sendiri tak pernah merasa nyaman dengan kehadiran Mita.

Yang kedua Yussi. Sudah tentu dia pun sama dan sebangun dengan Nina.
           
Yang ketiga Bara. Dan dia mengungkapkannya dengan keluhan, “Perasaan susah banget sih, pegang buntut lu akhir-akhir ini, Sas?”
           
Aku yang sedang asyik membenahi grafis konsep job-ku di depan laptop cuma menjawab acuh tak acuh, “Emang gue ayam?”
           
Bara menghela napas panjang. “Lu tau yang gue maksud…”
           
“Terus, masalahnya apa buat elu? Kerjaan lu jadi keteter gara-gara gue sibuk? Nggak kan?”
           
“Lu kok jadi sinis gini sih, Sas? Lu masih jengkel sama gue gara-gara lu musti traktir kapan hari di Cherie itu ya? Kan gue udah minta maaf, Sas, gue juga mau bayarin tapi…..”
           
“Kok jadi merembet ke mana-mana sih, Bar?” kutatap Bara dengan gemas. “Sumpah, gue ikhlas nraktir elu-elu pada! Sekarang ini gue cuma sibuk, Bar! Sibuk! Gue punya banyak job yang musti gue kelarin. Paham?!”
           
“Ada apa sih?” mendadak kepala Boss Lenny nongol dari balik pintu kantornya.
           
Bara jadi salah tingkah. Ups! Nada suaraku meninggi banget ternyata. Baru kusadari bahwa seisi kantor jadi hening.
           
“Nggak ada apa-apa, Cik, maaf,” ucapku. “Cik, saya mau ke Mangga Dua nyari properti. Sekalian ke Slipi ketemu klien.”
           
“Oh ya…ya… Ati-ati di jalan ya, Sas?”
           
Setelah pamitan aku langsung mengemasi laptop. Bara masih duduk diam di kursinya, di sebelah kanan area cubicle-ku. Aku tahu semua pasang mata menatap kepergianku. Tapi aku pura-pura cuek seperti tidak pernah terjadi apa-apa.

* * *
           
Aku membawa Brio-ku memutar lewat jalan di belakang Menara Daha. Tujuanku cuma satu. Cafe Cherie. Rasanya lebih baik aku sementara ‘ngantor’ di situ. Daripada di kantor MemoLineAd. Berisik.

Sepagi ini aku masih bisa dapat tempat nyaman di pojok dekat taman belakang Cherie. Perfecto! Kukeluarkan laptop dan aku mulai bekerja.
           
Sambil mengunyah croisant dan sesekali menyeruput French Chocolate, aku asyik dengan draft iklanku. Produk jamu dari grup Andalan Herba Nusantara itu cukup menantang untuk kupromosikan melalui iklan yang kubuat.
           
Ketika aku klik ’save’, ponselku berbunyi. Whatsapp message dari Bara.

Sas, makan siang bareng ya? Entar gue tunggu di Prima. Sorry soal yang tadi.’

Aku tak langsung membalas pesan itu. Yang ada malah pesan masuk dari Nina.

           
‘Lu beneran ke Mangga Dua, Sas?’
           
‘Kagak, gue ada di sebelah. Tapi lu diem-diem aja yak?’
           
‘Iya, gue ngerti. Eh, sebelah mana?’
           
‘Cherie. Kerjaan gue malah cepet kelar di sini.’ (icon meringis)
           
‘Ya udah lu baik-baik di situ. Trus lu jadi ke Slipi?’
           
‘Iya, tapi entar abis waktu maksi. Ini gue udah mau ronde kedua, tancap ke job gue berikutnya.’ (icon mata bergambar hati)
           
‘Gila lu ya?! Kerja kagak ada matinya!’

           
Tanpa sadar aku nyengir.
           
“Sas?”
           
Aku kaget mendengar suara itu. Batal sudah niatku untuk membalas pesan Nina. Aku menoleh.
           
“Eh, Jar?”
           
Duh! Kenapa dia harus nongol di sini sih?

“Lu ngapain ngumpet di sini? Katanya mau ke Mangga Dua?” Fajar menarik kursi di seberangku.
           
“Enak aja ngumpet!” gerutuku. ”Lha, elu? Ngapain juga ke sini?”
           
“Kan ngikutin elu,” Fajar nyengir marmut.
           
“Hm…,” mataku kembali ke layar laptop.
           
“Lu lagi ada masalah ya?”
           
Aku mengangkat wajah dan mendapati dia tengah menatapku... Penuh selidik? Tanpa sadar aku menggeleng. Tak percaya dengan penglihatanku sendiri.
           
“Lu jujurlah, Sas….”
           
Aku menghela napas kesal. Sudah dua kali sepagi ini ada orang yang begitu reseh menanyakan tentang ‘kesibukan’-ku.
           
“Eh, Jar, lu dengerin gue ya,” kutatap Fajar super serius. “Gue belakangan ini sibuk banget. Ada lima job iklan yang mampir ke desk gue. Lima, Jar, itu bukan main-main. Klien sendiri yang minta gue untuk menangani. Harus gue, nggak mau yang lain. Semuanya musti kelar draft-nya dalam waktu tiga minggu. Gue nggak ada waktu buat ngurusin pembicaraan gak jelas kayak gini sebetulnya, tapi karena lu sohib gue, ya udahlah gue jawab pertanyaan lu. Jelas?”
           
Fajar garuk-garuk kepala. Jujur, aku sebal melihatnya berekspresi seperti itu. Wajahnya jadi terkesan ganteng tapi tolol. Sungguh-sungguh perpaduan yang tidak pas.
           
“Hei! Kerja, meeting, apa pacaran?”
           
Fajar dan aku menoleh kaget. Asem! Driya! Weiks, sama asisten seremnya itu lagi. Aduh... Kenapa harus ketemu di sini sih?
           
Driya menoleh ke Mita. “Cari tempat, Mit, kamu stand by di situ. Entar kalau Pak Jaya datang, kamu hubungi aku. By phone aja.”
           
“Baik, Pak,” jawabnya manis, tapi betapa judes tatapannya menyapu sekilas ke arahku.
           
Aku mengernyit. Lha, dosaku apa sih sama dia? Cewek aneh…
           
“Gue nggak ganggu kalian kan?” Driya menunjuk aku, Fajar, dan laptopku.
           
“Enggak sih, gue tinggal nge-check draft presentasi gue. Tapi elu nggak papa kan, kalau gue sambi kerja?” jawabku sekaligus bertanya.
           
“Enggaaak, nggak papa. Sori gue jadi ganggu kalian.”
           
Aku menggeleng ringan. Fajar tersenyum-senyum tengil sambil mengamati Mita yang melenggang menjauh.
           
“Perasaan kerja kalian enak bener ya, bisa kerja di luaran sambil ngafe gini?” celetuk Driya jahil.
           
“Yang penting kerjaan beres, klien puas, Boss dapat duit,” ucapku acuh tak acuh.
           
Fajar tertawa. “Apalagi kalau ada yang lagi suntuk gara-gara berantem sama temen kantor. Waaaah... Kayak surga deh, di sini.”
           
Aku memelototi Fajar. Ember juga ini cowok! Driya menatapku lama. Ketika hendak membuka mulut, ponselnya berbunyi.
           
“Ya, Mit?”
           
… … … …
           
“Oke, aku ke sana.” Driya berdiri. “Sori, Yik, Jar, gue cabut dulu. Klien gue udah di depan. Lu baik-baik ya, Yik, jaga kesehatan.”
           
“Gue juga cabut ah! Mau ke Pasar Gembrong,” Fajar ikut-ikutan berdiri.
           
Aku mengangguk. Segera mereka menghilang dari pandanganku. Kutekuni lagi pekerjaanku. Pikiranku agak terbelah, tapi aku berusaha untuk tetap konsentrasi.
           
Alarm ponselku berbunyi pukul 12.30. Saatnya meluncur ke Slipi. Kusudahi acaraku di Cafe Cherie. Sebuah Whatsapp message masuk. Bara lagi. Oh ya, kan aku tadi kan belum balas pesannya.

           
‘Sas, lu di mana? Gue tunggu makan siang ya?’
           
‘Sori gue lagi jalan ke Slipi. Udah ditunggu Pak Robert. Gue juga udah makan siang tadi.’
           
‘O ya udah, titi dije ya…’ (icon bibir monyong gambar hati)

           
Aku ingin tertawa sebenarnya. Tapi tak lucu kalau harus ketawa sendirian di cafe. Setelah kubereskan laptop dan lain-lain aku pun beranjak. Mampir ke kasir sebelum cabut. Kulihat Driya masih asyik meeting di pojok kanan depan, cukup jauh dari pintu keluar. Jadi kuputuskan untuk mengabaikannya. Tak berapa lama, aku pun sudah meluncur ke Slipi.

* * *

Bersambung ke episode berikutnya : CUBICLE #6

2 komentar: